Sunday, September 16, 2007

Seri Pemrograman Hardware : Penamaan Tipe Varible dalam perograman hardware

Seperti yang kita ketahui, pemrograman hardware berkaitan erat dengan pengolahan memory, pemrosesan register. Dan kalau membicarakan memory, register maka akan berkaitan erat dengan kapasitas memory, register dan pengolahan aritmatika yang ada dalam system hardware.

Oleh karena itu, penamaan tipe variable yang akan berkaitan erat dalam memahami sebuah program hardware. Disamping itu dalam sebuah pemrograman hardware bertujuan untuk menghindari overflow pada sebuah variable memory atau register, karena yang seperti kita tahu akibatnya sebuah perhitungan kalau sampai terjadi overflow, maka hasil perhitungan akan tidak sama dengan nilai sebenarnya.

Sebenarnya dalam pemrograman hardware sudah ada standarisasi dalam penamaan sebuah tipe variable, dengan menggunakan perintah typedef, nama dari tipe variable standard ansi C dirubah ke nama standard untuk mempermudah pemakaiannya dalam pemrograman hardware.

Untuk variable bertanda didepannya dimulai dengan "SINT" atau kepanjangannya adalah "Signed Interger", dan variable yang tidak bertanda didepannya di mulai dengan "UINT" atau Unsigned Interger. Dibelakang "nama" tersebut di beri nilai desimal panjang dari variable tersebut,

Misalnya untuk variable "character" atau "char" , yang memiliki panjang 8 bit dengan rentang nilainya yang bisa di support-nya -128 ~ 127, dinamakan SINT8 dan unsigned char yang memiliki rentang 0~256 dinamakan UINT8.

Contohnya :
typedef unsigned char UINT8
typedef char SINT8

Biasanya dalam pemrograman mikro kontroller misalnya, kalau ada fasilitas editor, dalam file header (dot h) -nya untuk penamaan variable seperti ini sudah dilakukan. Namun bila belum, maka harus dilakukan sendiri, dengan cara membuatnya-nya dalam file header agar mudah diakses oleh file program laen, atau dengan kata lain dideklarasikan secara global.

Referensi tabel variable dan ukurannya bisa di lihat di situs ini :
http://en.wikipedia.org/wiki/C_syntax

0 Comments:

Post a Comment

<< Home